Ini Keutamaan Shalat Jumat yang Harus Dipahami

  • Bagikan
Ilustrasi- Jamaah sholat Membawa Mushaf

posaceh.com – Shalat Jumat adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam yang memiliki keutamaan istimewa.

Dijadikan sebagai kewajiban bagi umat Muslim, shalat Jumat bukan hanya sekadar aktivitas ritual, tetapi juga sarana penting untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengokohkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa keutamaan shalat Jumat yang perlu kita ketahui:

  1. Penghapus Dosa:

Salah satu keutamaan besar shalat Jumat adalah kemampuannya untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda,

عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim, no. 233).

Ini mengingatkan kita akan kebaikan Allah yang memberikan kesempatan untuk memulai lembaran baru dalam hidup kita setiap minggu.

  1. Kesempatan Berdoa Lebih Afdhal:

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari, no. 935).

Hal ini menunjukkan pentingnya waktu shalat Jumat sebagai saat yang istimewa untuk memohon kepada Allah.

  1. Mengumpulkan Keberkahan dan Rahmat:

Rasulullah SAW bersabda,

عن أبي هريرة رضي الله عنه مرفوعاً: «خَيْرُ يومٍ طَلَعَتْ عليه الشمس يومُ الجُمعة: فيه خُلِقَ آدَم، وفيه أُدْخِلَ الجَنة، وفيه أُخْرِجَ منها».

“Dari Abu Hurairah ra secara marfu’, “Hari terbaik dimana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga dan dikeluarkan darinya pada hari itu pula.” (HR. Muslim).

Kehadiran di dalam shalat Jumat membawa keberkahan dan rahmat dari Allah, mengingatkan kita akan makna penting hari tersebut.

Dengan seluruh keutamaan yang dimiliki oleh shalat Jumat, sangatlah penting bagi umat Muslim untuk menghargai dan mendekati ibadah ini dengan hati yang tulus dan rasa syukur. Melalui shalat Jumat, kita dapat meningkatkan kesadaran spiritual, membersihkan hati, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. (aktual.com)

 

  • Bagikan