Direktur RSP USK: Jaga Makanan Berkualitas, Tidak Harus Mahal

  • Bagikan
Direktur Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala (RSP USK) Banda Aceh, dr Iflan Nauval M ScIH Sp GK (K).

posaceh.com, Banda Aceh – Dalam menjaga stunting, setiap orang tua harus mempersiapkan diri sejak dari kehamilan di mana harus selalu dalam kondisi prima, kesehatan yang bagus, tidak stres, dan makanan yang dikonsumsi juga berkualitas tinggi.

“Makanan-makanan berkualitas tinggi ini tidak berarti harus mahal, bisa juga makanan yang mudah ditemui di sekitar tetapi memiliki kandungan gizi yang cukup baik,” kata Direktur Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala (RSP USK) Banda Aceh, dr Iflan Nauval M ScIH Sp GK (K).

Dokter Iflan menyebutkan, di Aceh cukup banyak tersedia makanan berkualitas, seperti ikan, telur, kemudian sayur-sayuran. Makanan itu sangat baik daripada memilih makanan junk food atau fast food.

“Makanan jenis itu membuat tubuh mengalami radang berkepanjangan, sehingga sel-sel tidak beregenerasi secara optimal,” jelasnya dokter Iflan.

flyer makanan sehat

Kemudian pada saat usia kehamilan 3 bulan pertama, merupakan masa-masa penting perkembangan dari sel-sel otak saraf janin. Karena itu, penting memeriksakan diri ke bidan atau dokter spesialis kandungannya, agar diberikan asuhan atau pemahaman terhadap pentingnya menjaga kehamilan pada 3 bulan pertama.

“Bisa juga konsultasi ke dokter spesialis gizi, agar bisa diberikan menu atau pilihan-pilihan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari yang dapat disesuaikan. Sehingga dengan kualitas kehamilan bagus ini, membuat janin yang lahir itu sehat dan berkembang dengan cepat,” demikian dr Iflan.(Adv)

 

  • Bagikan