Semua Pihak di Aceh Besar Dukung Terwujudnya Kabupaten Layak Anak

  • Bagikan
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP, MM yang diwakili Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi membuka kegiatan kunjungan lapangan pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Unicef di Aula Bappeda Aceh Besar, Rabu (23/11/2022). FOTO/ PROKOPIM SETDAKAB ACEH BESAR

posaceh.com, Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP, MM yang diwakili Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi membuka kegiatan kunjungan lapangan pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Aula Bappeda Aceh Besar, Rabu (23/11/2022).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Besar Drs Fadhlan, para Kepala OPD terkait jajaran Pemkab Aceh Besar, perwakilan Unicef, unsur siswa, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi mengatakan, semua pihak di Aceh Besar sangat mendukung terwujudnya Kabupaten Layak Anak. “Alhamdulillah, beberapa pekan yang lalu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia telah menganugerahkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya kepada Pemkab Aceh Besar,” ungkapnya.
Prestasi ini lebih baik ketimbang tiga tahun lalu, di mana Aceh Besar tahun 2019 memperoleh penghargaan KLA kategori Pratama. Ini merupakan capaian penghargaan yang sangat bagus dan berkat dukungan Forkopimda, OPD, dan semua pihak.
Capaian KLA kategori Madya, jelas M Ali, menjadi sangat penting bagi setiap daerah, karena merupakan barometer terhadap perwujudan pemenuhan hak anak dan pelaksanaan perlindungan khusus anak. Kedua hal itu merupakan amanat dari konstitusi, konvensi hak anak, dan Undang-undang Perlindungan Anak. Penyelenggaraannya dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangan dan sektor terkait.
Dijelaskan pula, capaian KLA menunjukkan bahwa Pemkab Aceh Besar beserta OPD terkait telah mewujudkan kinerja yang optimal untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.
Sementara itu, Kurniasih Zulhazi memberi apresiasi atas dukungan semua stakeholder di Aceh Besar yang komit untuk tetap mempertahankan status Kabupaten Layak Anak Kategori Madya. Kunjungan lapangan ke Aceh Besar itu dalam rangka kajian kemajuan daerah Aceh Besar guna pengembangan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan guna terus mewujudkan Aceh Besar sebagai Kabupaten Layak Anak. “Kita berharap, prestasi terbaik yang diraih Kabupaten Aceh Besar selama ini dapat terus dipertahankan,” ucapnya.(Mursalin/Rel)

 

  • Bagikan