Pawai Mobil Hias dan “Khanduri Peutamat Daroih” Semarakkan Aceh Ramadhan Festival

  • Bagikan
Pawai mobil hias menyemarakkan Aceh Ramadhan Festival 2024 (ARfest24) di Banda Aceh. FOTO/ HUMAS DISBUDPAR ACEH

posaceh.com, Banda Aceh – Pawai mobil hias dan khanduri (kenduri) peutamat daroih menyemarakkan Aceh Ramadhan Festival 2024 (ARfest24) . Kegiatan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 itu menjadi event paling ditunggu-tunggu selama bulan suci Ramadhan.

Pembukaan secara resmi ARfest digelar di kompleks Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat, 29 Maret 2024. Turut hadir pada kegiatan hari ini, Pj Sekda Aceh Azwardi, Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal, Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, perwakilan Forkopimda Aceh dan Banda Aceh, serta sejumlah pejabat terkait.

“Ini adalah tahun keenam kita menyelenggarakan Aceh Ramadhan Festival dan alhamdulillah Aceh Ramadhan Festival sendiri telah memasuki top ten Karisma Event Nusantara dan memang ini adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh khalayak, pencinta dunia pariwisata, dan ekonomi kreatif di Nusantara,” kata Almuniza dalam sambutannya.

Menurutnya, ada beragam kegiatan yang dapat dinikmati pengunjung ARfest termasuk permainan rakyat yang dihelat di areal menara Masjid Raya Baiturrahman. Di sana pengunjung juga dapat mencicipi aneka takjil yang tersedia.

Selama kegiatan berlangsung pihaknya juga menyediakan kanji rumbi gratis setiap hari untuk pengunjung. Kanji termasuk salah satu kuliner khas Aceh yang kerap disajikan saat bulan Ramadhan.

“Pengunjung juga bisa berkunjung ke Sagoe Piasan Aceh yang berada di Lapangan Eks Hotel Aceh atau sebelah Masjid Raya. Di situ semua juga kita kolaborasikan untuk ikut berbuka dengan komunitas-komunitas yang selama ini mungkin sering berbuka di amenitas atau restoran, kita terbuka untuk ruang publik,” sebut Almuniza.

Kegiatan ARfest direncanakan akan berlangsung hingga 1 April mendatang. Penutupan event tahunan ini dijadwalkan dihadiri Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

“Saat penutupan nanti kita akan memberikan sumbangsih kepada fakir miskin dan anak yatim sekitar 500 anak yatim yang akan kita sumbangsihkan,” ujar Almuniza.

Sementara itu, Pj Sekda Aceh Azwardi mengatakan, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh terus mempromosikan potensi kepariwisataan Serambi Mekkah lewat beragam event festival budaya dan atraksi wisata. Setiap pelaksanaan event diupayakan dapat mengangkat nilai-nilai terbaik Aceh sehingga dapat mendukung citra positif daerah seperti pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival.

“Event yang telah masuk tahun ke-6 penyelenggaraan ini semakin menguatkan identitasnya sebagai hallmark event daerah Aceh yang merupakan salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia. Event ini pun menawarkan pengalaman Ramadhan yang sarat dengan perjalanan spiritual dalam balutan tradisi dan budaya Aceh,” jelas Azwardi mewakili Pj Gubernur Aceh.

Azwardi menjelaskan, pengunjung yang hadir ke acara tersebut juga bisa merasakan buka puasa bersama dalam suasana perayaan adat Aceh seperti khauri (kenduri) kanji, khauri peutamat daroh (khatam Alquran) dan khauri Ramadhan. Selain itu juga ada zikir khas Aceh “dalail khairat”, kirab, hingga merasakan perjalanan spiritual bersama majelis zikir, muazin, imam, ustadz dan ulama yang dijadwalkan mengisi ibadah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

“Mari ramaikan dan semarakkan Aceh Ramadhan Festival 2024 dengan berpartisipasi berbuka puasa bersama di Masjid Raya Baiturrahman setiap hari gratis takjil. Kami berharap Aceh Ramadhan festival ini bisa mengangkat berbagai potensi budaya, keunikan dan kekhasan kita (Aceh), serta menjadi tempat untuk memperkuat ikatan sosial dan spiritualitas dalam menjalani bulan penuh berkah ini,” ujar Azwardi, sekaligus membuka secara resmi ARfast24.(MarDG/*)

 

  • Bagikan