Ini Keutamaan Berada di Shaf Pertama Saat Sholat Jumat

  • Bagikan
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

posaceh.com – Pada hari Jumat setiap laki-laki (muslim) diwajibkan untuk melaksanakan sholat jumat. Banyak keutamaan yang akan didapatkan ketika sholat Jumat. Apalagi jika Anda sholat jumat di shaf pertama. Berikut adalah keutamaan sholat  di shaf pertama pada saat pelaksanaan sholat jumat.

Lantas apa keutamaannya? Dalam hadist disevutkan bahwasannya ketika seseorang mendpatkan shaf pertama pada sholat jumat maka ia akan mendapatkan keutamaan seperti ia berkurban seekor unta.

Berikut hadistnya:

“Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR Bukhari dan Muslim).

Selai itu, orang yang mendapatkan shaf pertama saat sholat berjamaah maka Allah dan para Malaikat akan bersholawat terhadapnya.

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaff pertama.” (HR Ibnu Hibban).

Rasullullah Muhammad SAW juga menyebutkan jarak manusia bisa melihat Allah SWT saat kiamat bergantung dari cepatnya datang untuk Sholat Jumat.

Datang Sholat Jumat lebih awal dan dapat tempat di barisan depan, maka punya kesempatan lebih besar melihat Allah SWT.

Ada beberapa hal yang jika dilakukan ketika hari Jumat maka seseorang akan mendapatkan pahala dan keutamaan dari Allah SWT.

Salah satunya adalah datang lebih awal ke masjid untuk melaksanakan sholat Jumat dan mendapatkan shaf pertama.

Keutamaan datang Sholat Jumat lebih awal ini diterangkan imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah.

Segera datang untuk Sholat Jumat juga memungkinkan jamaah tidak terlambat dan bisa mendengarkan khutbah lebih dulu.

Dengan keutamaan ini, sangat disarankan secepatnya ke masjid untuk Sholat Jumat jika tak ada kesibukan lain.

Setiap langkah menuju masjid untuk Shalat Jumat mendapat ganjaran puasa dan sholat setahun, sesuai hadist dari Aus bin Aus.

rtinya: “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi).

Namun, Saat sudah mendapat tempat paling depan untuk Sholat Jumat, jangan hanya diam atau malah tidur mengganggu jamaah lain.

Lebih baik kita melakukan amalan seperti dzikir, tadarus Al-Quran, bersholawat dan lain-lain.

Itulah keutamaan mendapatkan shaf pertama pada sholat Jumat. Semoga bermanfaat. (jabarekspres.com)

  • Bagikan