Warga Gampong Simpang Beutong Ikuti Sosialisasi Hukum, Narkoba dan Stunting

  • Bagikan
Sejumlah masyarakat Gampong Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie mengikuti kegiatan sosialisasi hukum, narkoba dan penanganan stunting yang berlangsung Meunasah Gampong Simpang Buetong, setempat. Jumat (14/6/2024). Foto : Harmadi

posaceh.com, Sigli – Sejumlah masyarakat Gampong Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie mengikuti kegiatan sosialisasi hukum, Narkoba dan penanganan stunting yang berlangsung Meunasah Gampong Simpang Buetong, setempat. Jumat (14/6/2024).

Adapun kegiatan itu dihadiri Camat Muara Tiga, Kapolsek Muara Tiga, Danramil Muara Tiga, TKSK Muara Tiga, serta tokoh masyarakat, kader Posyandu, kader PKK.

Keuchik Simpang Beutong, Abdullah dalam pembukaan kegiatan ini menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dalam untuk masyarakat terutama sosialisasi hukum , narkoba dan penanganan stunting warga harus paham dengan apa yang dijelaskan narasumber.

“Kita berharap kepada masyarkat selalu kompak dan bersatu dalam membangun Gampong, agar apa yang terjadi dapat ditangani dengan baik dan melalui musyawarah dan mufakat,” pinta Keuchik.

Kapolsek Muara Tiga, Ipda Effendi menyampaikan dalam sosialisasi hukum, narkoba dan penanganan stunting, bahwa warga jangan menjadi penyalur atau pemakai narkoba, karena sanksi hukumnya sangat berat.

“Bila masyarakat ada melihat para pemuda pemudi yang menggunakan barang terlarang segara melaporkan kepada pihak babinmas dan babinsa gampong setempat,” kata Kapolsek.

Kemudian Kapolsek menjelaskan, selain narkoba dan Kamtibmas, kepada masyarakat juga diminta kalau terjadi kecelakaan diharapkan melapor ke Polsek agar dikeluarkan surat Lakalantas dan mendapatkan pengobatan gratis dengan Jasa raharja.

“Fasilitas atau kenderaan juga harus dititipkan di Polsek sebagai barang bukti terjadi kecelakaan. Jangan sampai saat kejadian kenderaannya disembunyikan sebab itu sebagai barang bukti,” kata Kapolsek.

Dalam kegiatan Itu juga Danramil Muara Tiga, Kapten Samsul Bahri menyebutkan, persoalan hukum harus dipatuhi bagi semua warga negara Indonesia yang baik memang penegakan hukum itu urusan Polisi.

Kita harap kepada masyarakat gampong setempat agar menatati hukum, karena itu tugas semua masyarakat dan juga aparatur negara termasuk aparatur gampong,” ucap Danramil.

Camat Muara Tiga, Bakhtiar dalam kegiatan itu juga berpesan kepada masyarakat Simpang Beutong dan masyarakat Kecamatan Muara Tiga agar patuh terhadap hukum dan jangan lupa menjaga kesehatan, serta mengantisipasi stunting agar tidak terjadi pada anak-anak usia dini.

Bakhtiar, selain menjaga kesehatan juga tidak kalah pentingnya harus menjaga keamanan atau Kamtibmas di lingkungan masing-masing. Sebab jika masyarakat sehat tapi lingkungan tidak aman tentu saja sia-sia. Artinya kata Camat Muara Tiga, semua harus dijaga agar tidak terjadi apa-apa pada masyarakat.

Pada sosialisasi Stunting Kepala Puskesmas Muara Tiga, narasumber H Jufrida menjelaskan, perlunya mengantisipasi stunting terhadap balita dan anak-anak. pemenuhan gizi bagi anak-anak sangat penting dan harus selalu dijaga agar mereka tidak mudah terkena dampak penyakit.

“Bagi anak-anak yang kurang gizi dan jika ada ada persoalan segera melaporkan kepada petugas setempat atau langsung dilaporkan ke Puskesmas agar bisa diatasi dengan baik,” ucapnya.

Kemudian Ia mengajak semua masyarakat untuk mengantisipasi stunting terutama harus memberikan makan bergizi dan menjaga pola makan bagi anak-anak juga perlu dijaga dengan baik.

“Kita berharap kepada masyarakat agar mengupayakan menjaga kesehatan kepada anak-anak jangan mudah jajan sembarangan,”tutupnya. (Harmadi).

  • Bagikan