Gelar Peringatan HKG ke-52, PKK Aceh Serahkan Hadiah untuk Juara Gammawar

  • Bagikan
Pj Sekda Aceh, Azwardi AP Memberi Sambutan pada Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP-PKK Aceh Ke 52 Tahun 2024 di Anjong Monmata Banda Aceh, Selasa (09/07/2024). FOTO/ HUMAS PEMERINTAH ACEH

posaceh.com, Banda Aceh – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa, (9/7/2024).

Peringatan HKG di Aceh itu dirangkai dengan sejumlah kegiatan, mulai dari pemotongan kue ulang tahun, talkshow pola asuh anak di era digital, peluncuran buku PAAREDI PKK Aceh, dan penyerahan juara Gampong Mawaddah Waramah atau Gammawar tahun 2023.

Adapun juara pertama Gammawar PKK Aceh diraih oleh Gampong Leuhan, dari Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Kemudian juara dua diraih Gampong Mendang Ara, dari Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang dan juara tiga diraih Gampong Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue.

Selanjutnya, secara berurut juara harapan satu, dua dan tiga diraih oleh Gampong Nuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh dan Gampong Damar Mulyo, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah.

Lomba Gammawar merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh PKK Aceh. Kegiatan tersebut memperlombakan gampong terbaik dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.
Hadiah berupa piagam penghargaan dan uang tunai diserahkan langsung oleh Pj Ketua TP PKK Aceh, Mellani Subarni kepada Ketua PKK kabupaten/kota yang meraih juara Gammawar tahun 2023 tersebut.

Dalam sambutannya, Mellani mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kader PKK atas semua kontribusi, dedikasi dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tengah masyarakat.

“Pemberdayaan keluarga pada prinsipnya merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh kader PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh,” kata Mellani.

Mellani mengatakan, kader PKK memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah, termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Pj Ketua PKK Aceh Mellani Subarni memotong tumpeng pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa, (9/7/2024).
FOTO/ HUMAS PEMERINTAH ACEH

“Melalui Gerakan PKK, peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri,” ujar Mellani.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh Azwardi dalam sambutannya menyampaikan harapan agar peringatan HKG tahun ini dapat menjadi penyemangat dalam membumikan dan membesarkan gerakan PKK dalam mendukung pembangunan daerah, khususnya dalam bidang peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“PKK sebagai sebuah gerakan memerlukan kekompakan dan koordinasi yang kuat di semua tingkatan, dan harus siap dengan segala kondisi dan siap berubah, termasuk menyesuaikan dengan tantangan global dan transformasi digital saat ini,” kata Azwardi.

Dalam kesempatan itu, Azwardi mengajak TP PKK provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama-sama menyatukan langkah dalam mensukseskan program pembangunan nasional dan daerah, dengan merumuskan berbagai kegiatan berdasarkan kondisi masyarakat Aceh.
“Keterlibatan masyarakat di semua level
wilayah menjadi sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan kita,” pungkas Azwardi.(Wahyu Desmi/*)

 

  • Bagikan