BNNK Banda Aceh Bersana Dishub dan Polsek Lueng Bata Tes Urine Pengemudi Angkutan Umum di Terminal Lueng Bata

  • Bagikan
Sopir angkutan umum mengikuti tes urine yang digelar BNNK Banda Aceh bersama Dishub Banda Aceh dan Polsek Lueng Bata, di Terminal Lueng Bata Kota Banda Aceh, Selasa (9/7/2024). FOTO/ HUMAS BNNK BANDA ACEH

posaceh.com, Banda Aceh – Dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba yang kian marak, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh bersama Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh dan Polsek Lueng Bata melakukan deteksi dini melalui tes urine kepada para pengemudi angkutan umum di Terminal Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Selasa (9/7/2024).

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa sore pukul 17.00 WIB ini dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kota Banda Aceh, Kombes Pol Zahrul Bawadi, SH, MM, dengan dukungan personel dari BNN Provinsi Aceh.

“Kegiatan ini sebagai upaya memastikan pengemudi angkutan umum di Terminal Lueng Bata ini tidak menggunakan narkoba dalam berkendara dan juga yang pastinya untuk keselamatan penumpang serta pengguna jalan lainnya,” ujar Kombes Pol Zahrul Bawadi, SH, MM.

Pemeriksaan narkoba melalui tes urine dilakukan secara acak kepada para pengemudi yang telah terlebih dahulu melakukan registrasi dan pemeriksaan oleh dokter BNN Kota Banda Aceh. Dari 20 pengemudi yang diambil sampel urinenya, ditemukan dua pengemudi yang positif menggunakan narkoba.

Kedua pengemudi tersebut langsung ditangani oleh BNN Provinsi Aceh untuk pengembangan lebih lanjut. Sementara itu, pihak perusahaan angkutan bekerja sama dengan BNN memastikan kedua pengemudi yang positif tidak diizinkan berangkat dan segera mencari pengganti.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh melalui Kepala Tata Usaha UPTD Terminal Lueng Bata, Fachrulrizal, serta Kapolsek Lueng Bata, Iptu Rizu Fahmi, SE, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. “Kami sangat mendukung penuh tes urine ini agar para pengemudi angkutan umum di Terminal Lueng Bata dipastikan bersih dari narkoba,” kata Fachrulrizal.

Dengan adanya tes urine ini, diharapkan para pengemudi angkutan umum di Banda Aceh semakin disiplin dan bebas dari pengaruh narkoba, sehingga keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya dapat lebih terjamin.(Wahyu Desmi/*)

  • Bagikan