Kebakaran Lahan di Lampuuk Berhasil Dipadamkan, BPBD Aceh Besar Kerahkan Dua Armada

  • Bagikan
Salah satu personel Damkar sedang melakukan pemadaman kebakaran lahan di sekitar SMPN 2 Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (23/5/2024). FOTO / BPBD ACEH BESAR

posaceh.com, Kota Jantho – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi., menerangkan bahwa kebakaran terjadi di lahan milik Sekolah SMP Negeri 2 Lampuuk dengan luas sekitar 1,5 hektare.
“Kebakaran lahan yang terjadi di Lampuuk Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar telah berhasil dipadamkan dengan mengerahkan dua unit damkar ke TKP,” kata Ridwan Jamil, Kamis (23/5/2024) sore.

Kalaksa BPBD Aceh Besar menjelaskan bahwa kebakaran diduga disebabkan oleh pembakaran sampah tanpa pengawasan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Pada saat kejadian, petugas pemadam BPBD Aceh Besar dari Pos Peukan Bada segera bergerak menuju lokasi kejadian. Tantangan utama yang dihadapi petugas adalah sumber air yang jauh dari lokasi kebakaran. Untuk mengatasi hal ini, satu unit armada suplai air dari Pos Induk Sibreh dikerahkan untuk membantu proses pemadaman. Secara keseluruhan, dua unit armada pemadam kebakaran dan lima personil BPBD dikerahkan dalam operasi tersebut.

Petugas Damkar melakukan pendinginan kebakaran lahan di sekitar SMP 2 Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (23/5/2024).
FOTO / BPBD ACEH BESAR

Selain petugas BPBD, upaya pemadaman juga mendapat dukungan dari personil TNI/ Polri dari Koramil dan Polsek Lhoknga, serta masyarakat sekitar. Proses pemadaman dan pendinginan lahan berhasil diselesaikan pada pukul 18.37 WIB.

“Kami berterima kasih atas bantuan dan kerja sama dari semua pihak yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini. Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya pengawasan saat melakukan pembakaran sampah untuk mencegah insiden serupa di masa mendatang,” tutup Ridwan Jamil.(Aldi/*)

  • Bagikan