SBA dan PSTP USK Gelar Program International Summer School 2024

  • Bagikan
Foto bersama para peserta International Summer School Program 2024 di PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA), Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (14/5/ 2024). FOTO/ HUMAS PT SBA

posaceh.com, Kota Jantho – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala (PSTP USK), menyelenggarakan International Summer School Program 2024. Kegiatan yang berlangsung dari 27 April hingga 19 Mei 2024 ini bertema “Acehnese Southwestern Coastal Harmony: Integrating Sustainability, Mining Innovation, Environmental Strategies, and Community Adventure”, di Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/05/2024).

General Manager (GM) PT SBA Mochamad Anwar Bakti menjelaskan, program tersebut merupakan hasil kerja sama antara PSTP USK dengan Department Mineral Resources Engineering Universiti Sains Malaysia (DMRE USM), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) DPW Aceh, dan Kantor Urusan International (KUI) USK.

“Melalui kegiatan ini, kami harap para peserta dapat mengintegrasikan inovasi pertambangan, strategi lingkungan, dan petualangan komunitas dalam satu kesatuan yang harmonis,” ucapnya.

Haqul Baramsyah, S.T., M.Eng.Sc., Dosen PSTP USK didampingi oleh Dosen PSTP USK dan DMRE USM memberikan sertifikat penghargaan dan plakat kepada GM PT SBA Mochamad Anwar Bakti, di Andalas Hall, Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (14/5/2024).
FOTO/ HUMAS PT SBA

Menurut Anwar, tujuan utama program tersebut untuk memperkuat hubungan antara pemangku kepentingan dalam industri pertambangan, meningkatkan kualitas pendidikan, menetapkan standar industri, dan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan praktis mahasiswa/i terhadap dunia industri pertambangan yang berkelanjutan.

“Mitra kami sangat senang dapat mendukung kesuksesan program ini. Ini adalah wujud kontribusi nyata SBA dalam mendukung pendidikan yang sejalan dengan salah satu pilar CSR Perusahaan kami, yaitu SBA Cerdas”. ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Tim SBA secara langsung mengajarkan teknik pertambangan yang baik dan berkelanjutan yang sudah diterapkan di SBA, serta berbagi praktik terbaik dari program pemberdayaan masyarakat yang sudah dijalankan.

“Kami berharap pengalaman ini akan menjadi luar biasa dan berkesan bagi semua peserta, serta ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam perjalanan pendidikan mereka di USK maupun USM,” Tambah General Manager SBA.

Para peserta International Summer School Program 2024 sedang berdiskusi dengan perwakilan masyarakat terkait Community Engagement dan Good Mining Practice di UDKP Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/5/2024).
FOTO/ HUMAS PT SBA

Sementara itu, Prof Madya Ir Dr Syed Fuad bin Saiyid Hashim, Dosen Pusat Pengajian Kejuruteraan Bahan dan Sumber Mineral Universiti Sains Malaysia, mengapresiasi kontribusi SBA dalam menerapkan praktik pertambangan yang berkelanjutan.

“Kami diajak untuk melihat langsung praktik-praktik tersebut, memberikan pengalaman luar biasa bagi seluruh mahasiswa kami. Semoga semua hal positif ini dapat terus dijaga secara berkelanjutan.” Pungkas Dr Syed Fuad.

Foto bersama para peserta International Summer School Program 2024 di depan rumah pembibitan Plant & Quarry Rehabilitation PT SBA, Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (14/5/2024).
FOTO/ HUMAS PT SBA

Program International Summer School 2024 ini juga berkolaborasi dengan pihak Universitas Syiah Kuala, dimana kegiatan-kegiatan di adakan dapat dirasakan dalam dunia pendidikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SBA, ini merupakan kolaborasi yang luar biasa. Semoga kolaborasi ini akan terus berjalan dengan baik untuk ke depannya,” ujar Haqul Baramsyah ST MEng Sc, Dosen PSTP USK.

Berikut jadwal kegiatannya:

• Tanggal 14 Mei 2024, SBA mengajak seluruh peserta untuk melihat langsung area konservasi gua karst Weung Dalam, area reklamasi pasca tambang, serta lokasi penanaman ribuan pohon mangrove yang telah dilakukan oleh SBA

• Tanggal 15 Mei 2024, seluruh peserta diajak untuk memberikan sosialisasi mengenai praktik pertambangan yang baik di SMK 1 Lhoknga dan SMA 1 Leupung, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama masyarakat sekitar perusahaan. (Aldi/*)

  • Bagikan