Ratusan Anak TPQ Meriahkan Pawai 1 Muharram 1446 H di Indrapuri

  • Bagikan
Ratusan peserta dari TPQ, TKQ dan TQA se Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie mengikuti pawai keliling pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 hijriah di Lapangan Indra Alam, Indrapuri, Minggu (7/7/2024) pagi. FOTO/ ABRAR

* TPA Kemesjidan At Taqwa Lampupok Juara 1

posaceh.com, Kota Jantho – Masyarakat di Kecamatan Indrapuri menyambut pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 hijriah dengan menggelar pawai keliling, pada Minggu (7/7/2024) pagi. Pelaksanaan pawai pada tahun ini, tampak begitu meriah karena diikuti ratusan peserta dari TPQ, TKQ dan TQA se Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie yang digelar Forum Ukhuwwah.
Di lokasi pawai, tampak mereka menggunakan berbagai kostum yang bernuansa Islami, lengkap dengan spanduk dan bendera.

Arak-arakan Pawai 1 Hijriah mengambil rute dari halaman Indra Alam Indrapuri melewati jembatan dan kantor Camat Indrapuri di jalan Banda Aceh Medan, berputar arah pasar baru dan depan Masjid Abu Indrapuri serta kembali lagi di lapangan Indra Alam.

Pawai dibuka dan dilepas oleh Camat Indrapuri , Irda Junaidi SE MM, didampingi oleh Anggota DPRK, Rahmat Aulia SPdI, Ketua APDESI Kecamatan, Mahya Zakwan SAg, Kepala KUA, Imamam SAg MAg kapolsek, danramil, para keuchik serta tokoh masyarakat setempat. Kegiatan pawai juga dimeriahkan oleh penampilan grup rapai oleh sanggar Saweuna.


Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM saat memberi sambutan sekaligus melepas pawai keliling pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 hijriah di Lapangan Indra Alam, Indrapuri, Minggu (7/7/2024) pagi.
FOTO/ ABRAR

Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM mengatakan Tahun Baru Hijriyah sangat penting diperkenalkan kepada anak-anak, agar mereka tahu tentang semangat kebersamaan umat Islam dan mengenal Tahun Baru umat Islam. “Jangan sampai hanya tahun baru masehi saja yang diperingati dengan meriah. Seharusnya tahun baru hijriyah-lah, yang diperingati ummat Islam dengan semarak,” ujarnya.

“Tahun baru islam ini menjadi saat yang tepat bagi kita umat islam untuk mengoreksi diri, melakukan perenungan atas apa yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu. Apakah sudah baik, atau masih banyak yang harus dibenahi, baik terkait akhlak, ibadah, pekerjaan dan sebagainya,” tambahnya

Sementara anggota DPRK Aceh Besar Rahmat Aulia SPdI yang turut menyemangati para panitia dan peserta mengatakan sangat bahagia dan bersyukur, karena pawai Hijriah event Muharram ini sangat antusias disambut masyarakat Kecamatan Indrapuri.

“Saya turut mengapresiasi dimana kecamatan Indrapuri selalu aktif menggelar berbagai kegiatan. Apalagi ini pawai 1 Muharram yang memang seharusnya kita meriahkan. Ini menunjukkan kekompakan masyarakat Indrapuri dan semua yang terlibat dalam kegiatan PHBI. Terimakasih juga kepada Muspika Kecamatan dan Forum Ukhuwwah TKQ-TPQ-TQA Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie yang telah menggelar kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan,” ujar Rahmat Aulia.

Anggota DPRK, Rahmat Aulia SPdI
memberi pada acara pawai keliling pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 hijriah di Lapangan Indra Alam, Indrapuri, Minggu (7/7/2024) pagi.
FOTO/ ABRAR

Sedangkan, Plt. Ketua Forum Ukhuwwah, Ustazah Nuraini SHi mengatakan peserta pawai tahun ini diikuti 16 TPQ dari 23 TPQ aktif di kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie. Pada kesempatan itu, Nuraini merasa puas dengan suksesnya acara pawai muharram walaupun penuh dengan kesederhanaan. “Kehadiran tokoh-tokoh dan dukungan masyarakat menjadi penyemangat bagi kami selaku pelaksana kegiatan,” ujar Nuraini.

Ustazah Nuraini turut berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terutama kepada Forum APDESI Kecamatan, OKP Ippemindra, BKPRMI Kecamatan, para penyuluh KUA serta ustad-ustazah.
Kegiatan seremonial pembukaan ditutup dengan doa oleh Kepala KUA Indrapuri, Imamam SAg MAg sebelum pawai berlangsung.

TPA Kemesjidan At Taqwa Lampupok Juara 1

Sementara itu, usai pawai digelar panitia langsung mengumumkan juara, dimana Juara 1 diraih TPQ At Taqwa Lampupok dengan nilai 370, Juara II TPQ Tgk Chik Empee Trieng dengan perolehan nilai 300 dan Juara III diraih TPQ Tahfizul Ahkam Lambeugak dengan nilai 295. Untuk juara Harapan I diraih TPQ Jabal Nur Aneuk Glee dengan nilai 290, Harapan II TPQ Muhasanul Akhlak Al Aziziyah dengan nilai 289 dan Harapan III TPQ Kemesjidan Ie Alang dengan nilai 285.

Pawai Muharram sendiri diikuti 16 TPQ, yaitu TPQ Faza Al-Khalil Limo, TPQ Tanjung Karang Lheue, TPQ Baburridha Lam Ilie, TPQ Al Kausar Limo, TPQ Tgk Chik Lamjame, TPQ Kemesjidan Ie Alang, TPQ Nurul Qur’an Gampong Pakuk, TPQ Tgk Chik Lamreh, TPQ Tahfizul Ahkam Lambeugak, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Babul Jannah Lingom, TPQ Tgk Chik Empee Trieng, TPQ Muhasanul Akhlak Al-Aziziyah, TPQ Jabal Nur Aneuk Glee, TPQ At Taqwa Lampupok dan TPQ Al Muta’alim Seuot Baroh.(Abrar)

 

 

 

 

  • Bagikan