Pengaruh Covid-19 terhadap Ekonomi dan Politik Indonesia

  • Bagikan
Fithra Ramadhana Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

Oleh: Fithra Ramadhana

Posaceh.com – CORONA Virus Desease 2019 (Covid-19) adalah penyebaran penyakit yang meluas secara global dan mempengaruhi populasi yang luas, biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau mikroorganisme lainnya. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penyebaran penyakit, pembatasan sosial, penutupan bisnis, dan ketidakstabilan ekonomi serta politik di berbagai negara di seluruh dunia.

Pandemi Covid-19 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi politik negara Indonesia. Adapun beberapa pengaruh utama yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

1. Kalau dilihat dari resesi ekonomi, tentu pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi secara drastis di Indonesia. Pembatasan sosial dan penutupan bisnis menyebabkan penurunan produksi, konsumsi, dan investasi. Pada 2020, Indonesia mengalami kontraksi ekonomi dengan pertumbuhan negatif untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.
2. Kebijakan pembatasan dan lockdown untuk mengendalikan penyebaran virus, pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan pembatasan dan lockdown yang berdampak pada aktivitas ekonomi dan politik. Pembatasan sosial, penutupan bisnis, dan pembatasan perjalanan internasional dan domestik mengganggu kegiatan politik, termasuk kampanye politik, pemilihan umum, dan pertemuan politik.
3. Pemerintah Indonesia merespons pandemi dengan meluncurkan kebijakan ekonomi dan kebijakan kesehatan yang signifikan. Ini termasuk program stimulus ekonomi, bantuan sosial, subsidi upah, dan relaksasi pajak untuk mengurangi dampak ekonomi. Pemerintah juga mengambil tindakan pencegahan dan pengendalian penyebaran virus melalui pengujian, pelacakan kontak, dan vaksinasi massal.
4. Pandemi Covid-19 menghadirkan ketidakpastian politik yang signifikan. Perubahan kebijakan dan keputusan pemerintah yang cepat dalam menangani situasi kesehatan mungkin mempengaruhi dukungan politik bagi para pemimpin dan partai politik. Pandemi ini juga memperkuat isu-isu politik dan perdebatan tentang kesiapan dan keefektifan pemerintah dalam menangani krisis.
5. Respons pemerintah terhadap pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya dapat mempengaruhi hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Efektivitas langkah-langkah penanggulangan pandemi, termasuk kebijakan kesehatan dan ekonomi, dapat berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan pengaruh politiknya.
6. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan kebijakan prioritas pemerintah. Sumber daya dan anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk program-program politik tertentu mungkin harus dialihkan untuk mendukung respons terhadap pandemi dan pemulihan ekonomi. Hal ini dapat mempengaruhi agenda politik yang dijalankan oleh pemerintah.
7. Pandemi ini telah mempercepat adopsi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk politik dan ekonomi. Pemerintah dan partai politik beradaptasi dengan penggunaan platform digital untuk kampanye politik dan partisipasi publik. Selain itu, sektor teknologi dan digital juga mengalami pertumbuhan yang pesat sebagai respons terhadap kebutuhan baru selama pandemi.
Pandemi Covid-19 secara umum memang memberikan dampak negatif pada ekonomi politik Indonesia. Namun, terdapat beberapa dampak positif yang juga dapat diidentifikasi, meskipun proporsinya mungkin lebih kecil. Berikut adalah beberapa dampak positif yang dapat disorot sebagai berikut:

Pertama, menjadi inovasi bisnis: Pandemi ini memaksa banyak perusahaan dan sektor bisnis untuk beradaptasi dengan keadaan yang sulit. Banyak perusahaan yang berinovasi dan menemukan solusi baru untuk menjaga kelangsungan usaha, seperti pengembangan platform online, pemanfaatan teknologi dalam rantai pasokan, atau penyesuaian model bisnis mereka. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Dan, kedua, fokus pada pemulihan ekonomi berkelanjutan: Pandemi Covid-19 telah mempercepat kesadaran akan pentingnya pemulihan ekonomi yang berkelanjutan. Pemerintah Indonesia semakin memperhatikan isu-isu lingkungan dan keberlanjutan dalam kebijakan ekonomi dan politiknya. Upaya diarahkan untuk membangun ekonomi yang lebih inklusif, mengurangi ketimpangan, dan mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan.(**)

 

  • Bagikan