MPU Aceh Besar Gelar Pendidikan Kader Ulama Tahun 2024

  • Bagikan
Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh SDM dan Kerjasama Setdakab Aceh Besar Adi Dharma SPd MPd, saat membuka pelaksanaan PKU yang digelar MPU Aceh Besar, di Dayah Daruzzahidin, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (11/6/2024). FOTO/ WAHYU DESMI

posaceh.com, Kota Jantho – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Besar menggelar Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2024 M/1445 H, yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 11 hingga 12 Juni 2024 di Dayah Daruzzahidin, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh SDM dan Kerjasama Bupati Aceh Besar Adi Dharma SPd MPd, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM, Selasa (11/6/2024).

Sebanyak 100 peserta dari dayah di 23 kecamatan se-Aceh Besar turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertemakan “Dengan PKU kita tingkatkan peran ulama muda untuk menjaga aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah”.

Untuk mendukung pelaksanaannya, MPU Aceh Besar menghadirkan empat narasumber yaitu Tgk H Abu Faisal Ali (Ketua MPU Aceh Besar), Dr Tgk H Abdul Razak Lc MA, Tgk Bustami MD, dan Tgk H Muhammad MJ (Abu Lubok). Mereka akan memberikan berbagai materi penting yang diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan para peserta.

Pada kesempatan itu, Sahli Bupati Aceh Besar Adi Darma menekankan pentingnya regenerasi dan kaderisasi ulama. “Menghadapi tantangan zaman saat ini diperlukan regenerasi dan kaderisasi ulama yang membekali kader ulama muda dengan ilmu pengetahuan tentang keagamaan. Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan ulama-ulama muda yang istiqomah dalam menegakkan Islam secara sempurna,” ujarnya.

Program ini diharapkan tidak hanya melahirkan ulama yang berkompeten dalam ilmu agama dan wawasan Islam, tetapi juga memiliki integritas yang tinggi. “Ulama-ulama yang memiliki kompetensi ilmu agama, wawasan Islam serta integritas yang tinggi akan mampu menegakkan kebenaran dan mengungkap kesalahan dengan jelas,” tambahnya.

Kepala Sekretariat MPU Aceh Besar Dr Zulfadli SH MH saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan PKU, di Dayah Daruzzahidin, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (11/6/2024).
FOTO/ WAHYU DESMI

Sementara itu, Kepala Sekretariat MPU Aceh Besar Dr Zulfadli SH MH menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat peran ulama muda dalam menjaga dan melestarikan aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di tengah masyarakat. Ia menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk masa depan kehidupan beragama di Aceh Besar.
“Diharapkan, melalui pendidikan ini, para kader ulama muda dapat berperan aktif dalam menjaga aqidah dan memajukan kehidupan beragama di wilayah Aceh Besar,” ujar Dr. Zulfadli.

Sejumlah peserta menghadiri pelaksanaan PKU yang digelar MPU Aceh Besar, di Dayah Daruzzahidin, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (11/6/2024).
FOTO/ WAHYU DESMI

Menurutnya, materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini mencakup berbagai aspek penting yang relevan dengan tugas dan peran ulama. “Materi yang akan disampaikan para narasumber mencakup peningkatan aliran sempala dan fatwa MPU, ushul fiqih dan fiqih komunikasi, tafsir dan ilmu tafsir, serta ilmu dakwah dan komunikasi,” jelasnya.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen MPU Aceh Besar dalam mencetak kader ulama yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman, sekaligus melestarikan nilai-nilai keagamaan yang diwariskan oleh para ulama terdahulu.

Foto bersama usai pembukaan PKU yang digelar MPU Aceh Besar, di Dayah Daruzzahidin, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (11/6/2024).
FOTO/ WAHYU DESMI

Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua MPU Aceh Besar Tgk H Nasruddin M, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar Abubakar SAg, Forkopimcam Kuta Baro, para narasumber, dan para peserta PKU.(Wahyu/Aldi)

  • Bagikan