Lhoknga Krisis Air Bersih, PT SBA Dinilai Tak Punya Hati Nurani

  • Bagikan
Fuadi Razali, Warga Lhoknga, Aceh Besar bersama warga lainnya, setelah pengisian air bersih PDAM Tirta Mountala ke dalam tanki di Seubun Ketapang, Lhiknga, Rabu (15/5/2024) sore. FOTO/ DOK MPA

posaceh.com, Kota Jantho – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) yang diharapkan bisa membantu warga Lhoknga dan sekitarnya yang dilanda krisis air bersih, ternyata sampai sekarang tak peduli dengan kondisi sulit yang sedang dialami warga yang bermukim sekitar pabrik semen tersebut.

Seorang warga Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar menganggap, pihak PT SBA tidak memiliki hati nurani dan itikad baik untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Sudah seminggu kekeringan melanda di Kecamatan Lhoknga, sehingga membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan air bersih. Tapi, yang buat kami kesal, sampai detik ini pihak PT SBA belum ada satu liter dan ember air pun yang mereka bantu untuk masyarakat sekitar pabrik. Kita prihatin terhadap sikap PT SBA, sebab rakyat menjerit karena krisis air bersih, tapi SBA tak peduli dan masih mencari cara,” ujar Fuadi Razali, warga Lhoknga kepada media posaceh.com, di Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/05/2024) sore.

Ia menyebutkan, PT SBA biang dari masalah kekeringan yang terjadi di kecamatan Lhoknga selama ini. Karena, ekosistem yang menunjang keberlangsungan, sehingga sumber air rusak akibat kegiatan pengambilan bahan baku semen di kawasan pegunungan karst Lhoknga.


Head of Media SBA, Faraby Azwany

“Mereka juga telah ingkar dari komitmennya untuk memberi akses air bersih kepada warga Lhoknga. Pada saat warga membutuhkan bantuan air bersih, mereka malah tutup mata dan telinga, seakan tidak terjadi apa-apa di Kecamatan Lhoknga dan ini sangat kurang bersahabat kepada warga Lhoknga,” sebut Fuadi Razali.

Untuk itu, Ia meminta kepada PT SBA yang telah beroperasi di Lhoknga sejak 1983 itu untuk mencarikan solusi terkait dengan kekeringan yang sudah melanda Kecamatan Lhoknga dalam sebulan ini.

“Tolong turun kelapangan, coba cari solusi, karena masyarakat menjadi korban, kalau terus dibiarkan seperti ini, kerugian besar bagi masyarakat,” tegasnya

Di samping itu, ia juga mengapresiasi dari PDAM Tirta Mountala, Satuan Brimob Polda Aceh dan PDAM Tirta Daroy, yang sudah membantu menyalurkan air bersih kepada warga Lhoknga.

“Alhamdulillah, mereka berkerja dengan hati, karena hampir sepekan menjalankan misi kemanusiaan demi membantu masyarakat yang krisis air bersih dan pihak PDAM Tirta Mountala, Satuan Brimob dan Tirta Daroy sudah menyuplai kurang 100 ton lebih air bersih kepada masyarakat Lhoknga,” ujarnya.

Sementara itu, PDAM Tirta Mountala, Aceh Besar dalam membantu masyarakat Lhoknga memperoleh air bersih akibat kekeringan kembali menyalurkan air untuk sejumlah gampong.

Direktur Utama PDAM Tirta Mountala, Rabu (15/05/2024) kepada media ini, menyebutkan suplai air untuk masing-masing gampong memperoleh 4 ton air bersih, yakni Gampong Lambaro Seubun, Seubun Ketapang, Seubun Ayon, Nusa, Tanjong, Lamcok, Kueh, dan Lampaya.

“Komitmen kami terus membantu sehingga kekurangan air dapat kembali normal dengan mulai turunnya hujan sore hari ini,” ujarnya.

Di sisi lain, saat dihubungi Media Pos Aceh, Rabu (15/5/2024) malam, PT SBA melalui Head of Media-nya, Faraby Azwany, menyatakan bahwa penyalurkan bantuan air bersih untuk masyarakat Lhoknga akan dilakukan besok, tepatnya pada Kamis 16 Mei 2024. “Besok kami upayakan penyaluran air bersih dapat kita lakukan untuk Lhoknga,” katanya. (Dj88)

 

 

 

  • Bagikan