Kaper BKKBN Aceh Hadiri Penutupan TMMD ke-120 di Aceh Barat

  • Bagikan
Beberapa staff BKKBN Aceh, bersama OPD KB Aceh Barat, dan IBI setempat sedang memberi pelayanan KB gratis kepada masyarakat di lapangan Gampong Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat, Jum'at (7/6/2024). FOTO / HUMAS BKKBN ACEH

*246 Akseptor Terlayani

posaceh.com, Meulaboh – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, Safrina Salim, bersama Ketua Tim Kerja Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR), Faridah, serta rombongan menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 wilayah Kodam Iskandar Muda. Acara tersebut digelar di lapangan Gampong Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (7/6/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Perwakilan BKKBN Aceh memberikan pelayanan KB gratis dan sosialisasi terkait pencegahan stunting kepada masyarakat. Acara ini juga menghadirkan dokter dari Kesdam Iskandar Muda, dr. Syafril Umar Lubis, yang turut memberikan pelayanan kesehatan.

BKKBN Aceh bersama OPD KB Aceh Barat dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) setempat berhasil melayani 246 akseptor dengan rincian: 13 implant, 17 IUD, 95 suntik, 67 pil, dan 74 kondom. Selain itu, BKKBN juga menyerahkan bantuan sosial kepada keluarga berisiko stunting dan kategori miskin. Safrina dan rombongan turut mendampingi Pangdam dan istri melihat pelayanan KB di tenda dan Mobil Pelayanan KB.


Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana Daerah IM Eva Niko Fahrizal beserta jajarannya dan Kepala BKKBN Provinsi Aceh Safrina Salim menyerahkan bantuan sosial kepada keluarga berisiko stunting dan kategori miskin di lapangan Gampong Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat, Jum’at (7/6/2024).
FOTO / HUMAS BKKBN ACEH

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi pencegahan stunting dan pelayanan KB gratis pada penutupan TMMD ke-120 ini. Semoga kemitraan BKKBN Aceh dengan TNI, khususnya Kodam Iskandar Muda, semakin erat,” ujar Safrina.

Ia menambahkan, jumlah akseptor yang terlayani melebihi target awal 200 orang, menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan KB.

Sementara itu, Mayjen TNI Niko Fahrizal, dalam sambutannya, mengatakan bahwa TMMD adalah wujud Operasi Bakti TNI, program terpadu lintas sektoral antara TNI/Polri, pemerintah daerah, BKKBN, dan lembaga lainnya. TMMD ke-120 dilaksanakan serentak di tiga kabupaten di wilayah Kodam Iskandar Muda: wilayah Kodim 0105/Abar, Kodim 0113/Galus, dan Kodim 0116/Nara.

Foto bersama Pj Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, Pangdam IM Mayjen TNI Niko Fahrizal, Kepala BKKBN Provinsi Aceh Safrina Salim, dan segenap personel saat Upacara penutupan yang menandai berakhirnya Program TMMD Ke-120 di lapangan Gampong Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat, Jum’at (7/6/2024).
FOTO / HUMAS BKKBN ACEH

“Pada TMMD ke-120 TA 2024, juga dilaksanakan program unggulan Kasad seperti Manunggal Air, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), ketahanan pangan, penurunan stunting, dan penanaman pohon. Semua program ini mencerminkan komitmen TNI AD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat Ketahanan Nasional,” katanya.

Pangdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing. “Kemajuan teknologi serta tantangan di bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana Daerah Iskandar Muda Ny. Eva Niko Fahrizal, Aster Kasdam IM, Asops Kasdam IM, Asrendam IM, Danrem 012/TU beserta istri, Dandim 0105/Abar, Pj Bupati Aceh Barat, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan prajurit TNI serta segenap personel satgas TMMD ke-120 TA 2024.(Aldi/*)

 

 

 

 

  • Bagikan