Dimulai Pertarungan Antar Grand Master di Turnamen Pertamina Indonesia

  • Bagikan
Pembukaan Turnamen Pertamina Indonesia Grand Master. Foto: koni.or.id

posaceh.com, Jakarta – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi) kembali menyelenggarakan turnamen bertajuk “Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024″ yang digelar di Hotel Artotel, Jakarta Pusat, 22 April hingga 2 Mei 2024.

Gelaran kejuaraan catur internasional antar pecatur bergelar grand master (GM) dan International Master (IM) ini kali pertama PT Pertamina (Persero), menjadi sponsor utama. Hal ini menunjukkan olahraga catur semakin menarik di dunia.

Sebanyak 12 grand master dan 12 internasional master, Fide Master (FM) yang berasal dari 8 negara bertarung dalam dalam event ini, termasuk dua grand master Indonesia Novendra Prihasmoro dan Susanto Megaranto.

Ketum PB. Percasi GM Utut Adianto menyebutkan, pecatur dari delapan negara yaitu Singapura, Mongolia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Australia, dan Indonesia ambil bagian dalam kejuaraan ini.

Indonesia sebagai tuan rumah menurunkan sejumlah pecatur di antaranya dua grand master yaitu Novendra Prihasmoro dan Susanto Megaranto.

10 pecatur bertanding di kategori grand master dan 14 pecatur bermain di kelompok master Internasional dalam kejuaraan ini

“Sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamen-turnamen seperti ini, karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas,” kata Utut Adianto seraya berharap ke depannya tidak hanya Pertamina, namun lebih banyak lagi dukungan swasta untuk pembinaan catur.

“Indonesia selalu tuan menjadi rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Saya berharap turnamen kali ini juga dapat melahirkan pemain-pemain yang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujarnya.

Sementara itu, KONI Pusat memberikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras PB. Percasi dalam membina olahraga catur di Indonesia dan menegaskan bahwa kompetisi seperti ini perlu menjadi agenda rutin.

Tak hanya itu, kepada Pertamina, KONI Pusat juga memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya.

“Untuk melahirkan atlet kelas dunia harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya karena atlet – atlet juara lahir dari rangkaian pelatihan yang baik serta kompetisi yang berkualitas, berjenjang dan berkesinambungan,” ujar Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI Pusat Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS.

Oleh karena itu, sebutnya, kompetisi ini perlu menjadi agenda rutin dari PB.Percasi dan juga Pertamina dan berharap Pertamina dapat memberikan dukungan yang berkelanjutan.

Sekjen KONI Pusat ini juga mengajak seluruh masyarakat sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumut 2024.

“Saya juga berharap masyarakat olahraga ikut menggelorakan semangat olahraga guna menyambut multievent terbesar di Indonesia yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh -Sumut,” katanya. (Sudirman Mansyur/koni.or.id).

  • Bagikan
Exit mobile version