13 Cara Efektif Turunkan Berat Badan

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Sonora.id)

posaceh.com, Banda Aceh – Banyak orang menginginkan tubuh sehat dan bugar dengan berat badan yang ideal. Hal ini bukan hanya demi penampilan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta menghindari berbagai penyakit. Namun, sayangnya, beberapa orang mencoba cara menurunkan berat badan secara instan tanpa mempertimbangkan dampaknya pada kesehatan.

Dalam kenyataannya, naik turunnya berat badan seseorang sangat tergantung pada jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan jumlah kalori yang terbakar selama aktivitas. Asupan kalori yang berlebihan, tanpa diimbangi dengan rutin berolahraga atau aktivitas fisik, dapat memicu kenaikan berat badan. Hal ini terjadi karena tubuh akan menyimpan kalori yang tidak digunakan dalam bentuk lemak.

Pentingnya menjaga berat badan ideal bukan hanya sekadar soal penampilan, tetapi juga kesehatan. Berat badan yang stabil dalam rentang yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi gaya hidup seimbang yang mencakup pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Mengutamakan makanan bergizi dan menghindari makanan berkalori tinggi yang tidak berguna bagi tubuh adalah langkah awal untuk mencapai berat badan yang sehat. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan mempertahankan berat badan yang stabil.

Dalam upaya menurunkan atau menjaga berat badan, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu. Ingatlah bahwa menjaga berat badan yang sehat adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kualitas hidup yang baik.

Berdasarkan data yang dikutip dari halaman halodoc.com pada Sabtu 30 September 2023, ada 13 cara efektif yang dapat terapkan dalam aktifitas sehari-hari untuk menurunkan berat. Data tersebut juga diambil dari beberapa referensi, di antaranya Medical News Today. Diakses pada 2023. How To Naturally Lose Weight Fast. National Health Service UK. Diakses pada 2023. 12 Tips To Help You Lose Weight. BMJ Journals. Diakses pada 2023. A high-protein diet for reducing body fat: mechanisms and possible caveats. BMJ Journals. Diakses pada 2023. Effect of breakfast on weight and energy intake: systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials.

Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami

Inilah sebabnya, supaya bisa menurunkan berat badan, tentu asupan kalori yang masuk ke tubuh harus lebih sedikit. Selain itu, kamu juga harus meningkatkan durasi aktivitas fisik sehingga tubuh bisa memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Faktanya, ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa kamu coba, misalnya:

1. Mengonsumsi protein saat sarapan

Studi dalam BMJ Journals menyebutkan bahwa protein bekerja dengan mengendalikan hormon nafsu makan. Asupan ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang, yaitu kolesistokinin, peptida YY, dan GLP-1.

2. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula. Pasalnya, karbohidrat olahan tidak mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, tubuh lebih mudah mencerna dan mengubah karbohidrat olahan menjadi glukosa sehingga membuat lebih cepat lapar.
Sementara itu, glukosa berlebih yang masuk ke aliran darah dapat memicu peningkatan kadar hormon insulin. Hal ini mengakibatkan terjadinya kelebihan penyimpanan lemak pada jaringan adiposa yang memicu peningkatan berat badan.

3. Perbanyak asupan serat

Asupan serat dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga kamu tidak cenderung makan berlebihan. Ini dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan kaya serat yang bisa kamu konsumsi yaitu buah-buahan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Cara menurunkan berat badan dengan rutin olahraga

Olahraga secara teratur juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang alami dan cepat. Selain itu, aktivitas murah meriah ini bisa kamu lakukan setiap saat. Mulailah dengan melakukan kegiatan fisik dalam intensitas ringan sampai sedang saja. Contohnya berjalan cepat selama 30 menit, bersepeda, atau berenang.

5. Tidur yang cukup

Faktanya, kurang tidur dapat memperlambat proses perubahan kalori menjadi energi. Proses ini bernama metabolisme. Saat tidak berlangsung dengan optimal, tubuh akan menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.
Selain itu, durasi tidur juga memengaruhi kontrol hormon leptin dan ghrelin. Keduanya adalah hormon pengatur nafsu makan. Jika waktu tidur tidak sesuai dengan kebutuhan, kadar dua hormon tersebut akan mengalami peningkatan yang memicu naiknya berat badan.

6. Tidak melewatkan sarapan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah tidak melewatkan sarapan. Selain itu, pilih juga makanan dengan gizi yang seimbang untuk meningkatkan energi. Studi dalam BMJ Journals menyebutkan, porsi yang ideal untuk sarapan adalah sebanyak 30 atau 39 gram protein. Kamu bisa cek rekomendasi menunya dengan klik artikel Aktif Sepanjang Hari, Ini 7 Menu Sarapan Sehat dan Berenergi.

7. Menurunkan berat badan dengan minum teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang menjadi pilihan cara menurunkan berat badan. Minuman ini mengandung tinggi antioksidan yang mampu meningkatkan proses pembakaran lemak. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa memilih teh hijau bubuk atau seduhan asli tanpa adanya bahan tambahan dan tidak memberikan gula.

8. Makan secukupnya

Makan secukupnya menjadi cara menurunkan berat badan lainnya. Artinya, kamu sebaiknya tidak makan berlebihan hingga merasa kekenyangan. Sebab, hal tersebut berpotensi membuat tubuh kelebihan energi. Lebih baik kamu makan dalam porsi sedikit, kaya nutrisi, dan sering.

9. Cara menurunkan berat badan dengan tidak makan saat stres

Makan saat stres atau emotional eating bisa menggagalkan proses penurunan berat badan. Alih-alih makan untuk mengelola stres atau tekanan yang kamu rasakan, tak ada salahnya untuk mencoba meditasi atau metode hipnosis. Selain itu, kamu bisa mencoba yoga, jalan-jalan, atau mendengarkan musik.

10. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Asupan ini berperan penting pada fungsi tubuh, termasuk organ dan jaringan. Jika terhidrasi dengan baik, maka tubuh akan bekerja lebih optimal dalam membakar kelebihan lemak.
Studi dalam Obesity (Silver Spring) menemukan, wanita dengan kondisi obesitas yang mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari selama 12 bulan mengalami penurunan berat badan hingga lebih dari dua kilogram.
Selain itu, bagi orang yang sedang dalam program diet tertentu untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi air putih juga bermanfaat dalam:
• Menahan nafsu makan.
• Meningkatkan metabolisme tubuh.
• Mengurangi kadar kalori cair.

11. Menurunkan berat badan dengan puasa intermittent

Cara menurunkan berat badan yang cukup efektif adalah puasa intermittent atau nama lainnya intermittent fasting. Kamu bisa melakukannya dengan berpuasa selama 16 jam dan makan dalam waktu 8 jam setiap hari.
Jika kamu melakukannya secara konsisten selama 24 minggu, cara ini dapat mencegah peningkatan berat badan akibat asupan kalori berlebihan. Bagi pemula, cari tahu cara melakukan puasa ini dengan klik artikel Cara Menerapkan Diet Intermittent Fasting bagi Pemula.

12. Mengonsumsi probiotik

Makanan yang mengandung probiotik bekerja dengan menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Nutrisi ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik sehingga berat badan lebih terkontrol.
Studi dalam Gut Microbes menyebutkan, probiotik bekerja dengan membantu memecah serat yang tidak dapat terserap dan tercerna oleh tubuh dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

13. Makan lebih lambat

Terakhir, hindari makan terlalu cepat karena bisa memasukkan lebih banyak kalori ke dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga membuat tubuh tidak menyadari munculnya sinyal rasa kenyang. Solusinya tentu saja makan lebih lambat agar tubuh bisa merasakan sinyal rasa kenyang. Dengan begitu, makan jadi tidak berlebihan.

Demikian beberapa cara menurunkan berat badan secara cepat yang bisa kamu coba. Jika belum memberikan hasil, kamu bisa mencoba mengonsumsi obat penurun berat badan. Namun, sebelum membeli, pastikan kamu sudah membaca artikel Jangan Sembarangan Pilih Obat Penurun Berat Badan.

  • Bagikan