Lagi, Messi Pecahkan Sejumlah Rekor Baru Usai PSG Atasi Maccabi Haifa di Liga Champions

  • Bagikan

posaceh.com, JAKARTA – Lionel Messi mencetak sejumlah rekor baru Liga Champions pada Kamis (15/9/2022) dini hari WIB saat Paris Saint-Germain (PSG) melawan Maccabi Haifa di matchday kedua Grup H. Ia melewati pesepak bola pesaing jangka panjangnya, Cristiano Ronaldo.

Dilansir laman UEFA, bintang Argentina itu mencetak gol dari jarak dekat untuk menyamakan kedudukan PSG saat meladeni Maccabi Haifa di Israel. Itu terjadi setelah Tjaronn Chery memberi tim tuan rumah keunggulan yang mengejutkan. Maccabi mencetak gol pertama di kompetisi, di luar pertandingan kualifikasi, selama dua dekade.

Namun keunggulan klub Israel hanya bertahan 14 menit saat Messi menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Messi menemukan ruang di dalam kotak penalti setelah serangan Kylian Mbappe, bola jatuh dengan baik ke Messi, yang mengambil sentuhan untuk menenangkan dirinya sebelum memasukkan bola melewati kiper Joshua Cohen.

Gol itu membuat Messi mencetak banyak rekor kompetisi Liga Champions. Maccabi menjadi klub ke-39 yang dilawan oleh pemain berusia 35 tahun itu dalam kompetisi tersebut. Itu lebih dari pemain lain atau membuatnya unggul dari Ronaldo yang telah mencetak gol melawan 38 klub berbeda di Liga Champions.

Terlebih, itu adalah pertama kalinya Messi mencetak gol ke gawang klub asal Israel. Itu berarti Messi sekarang telah mencetak gol melawan setidaknya satu klub dari 19 negara berbeda yang ia hadapi di Liga Champions sepanjang kariernya.

Gol Messi di Israel juga berarti bahwa itu adalah musim ke-18 berturut-turut ia mencetak gol di Liga Champions atau rekor lainnya di kompetisi ini. Gol pertamanya di kompetisi ini terjadi pada kampanye 2005/2006 untuk Barcelona melawan tim Yunani Panathinaikos.

Namun, Ronaldo masih memimpin Messi dalam jumlah gol keseluruhan yang dicetak di Liga Champions. Penyerang Portugal itu telah mengantongi total 140 gol dalam kompetisi tersebut, sementara gol di Israel membuat Messi mencatatkan 126 gol atau 14 gol di belakang penyerang Manchester United itu.

Kedua superstar ini jelas dalam rekor skor sepanjang masa kompetisi, dengan Robert Lewandowski yang berada di posisi ketiga dengan 89 gol. Kylian Mbappe dan Erling Haaland, yang mungkin mengincar rekor-rekor itu sepanjang kariernya, masing-masing telah mengoleksi 35 dan 25 gol.

Ronaldo tidak terlibat di Liga Champions musim ini setelah Man United gagal lolos sebagai wakil Liga Inggris musim lalu karena Man United finis di posisi keenam. Ini adalah musim pertama Ronaldo tidak terlibat dalam kompetisi klub utama Eropa sejak 2002/2003, sebelum pindah pertama kali ke Old Trafford dari Sporting CP.(Republika.co.id)

  • Bagikan