Aceh Semakin Kokoh di Puncak Klasemen API Awards 2022

  • Bagikan
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal

posaceh.com, Banda Aceh – Memasuki bulan ke empat periode voting Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022, Provinsi Aceh semakin kokoh berada di puncak klasemen sementara, disusul Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumatera Selatan (Sumsel).

 

Panitia penyelenggara mencatat periode 1 Juni – 31 Agustus sudah lebih dari 264.500 jumlah suara yang masuk melalui semua saluran voting, baik itu dari Video Youtube Channel API Award, Akun Instagram @ayojalanjalanindonesia, Akun Facebook API Award dan SMS Premium 99386.

 

Dari jumlah tersebut menempatkan lima nominasi dari Aceh memimpin klasemen sementara di berbagai kategori. Lima niminasi posisi teratas tersebut yaitu kategori brand pariwisata pesona pesisir Timur Aceh dari Langsa dengan 20,34 persen. Kategori dataran tinggi dipimpin Aceh Tengah dengan objek wisata Bur Telege meraih 24,19 persen.

 

Kemudian, kategori cendera mata Tenun Putri Lindung Bulan dari Aceh Tamiang mengumpulkan 32,04 persen. Dua lainnya berasal dari Aceh Selatan, yaitu Benteng Trumon dalam kategori situs sejarah memperoleh 38,21 persen dan Pulau Dua di kategori destinasi kreatif yang sudah mengumpulkan 31,77 persen poin.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, posisi puncak klasemen sementara ini tentunya berkat dukungan masyarakat dan Dinas Pariwisata di 21 kabupaten/kota, yang tidak kenal lelah untuk terus mempromosikan destinasi wisatanya masing-masing.

 

Apalagi ada lima dari 12 destinasi Aceh yang masuk nominasi API Awards 2022 berada di puncak klasemen. Kemudian sisanya, persentase dukungannya terus merangkak naik. Voting ini akan ditutup pada 31 Oktober 2022.

 

“Posisi ini harus kita pertahankan hingga periode voting ditutup pada Oktober mendatang. Jadi, mari kita beri dukungan dengan cara memberikan vote kepada 12 nominasi pariwisata di API Awards 2022 dan juga terus melakukan promosi setiap destinasi dan atraksi wisata di daerah masing-masing,” kata Almuniza di Banda Aceh, Jumat, 2 September 2022.

 

Merujuk hasil sementara saat ini, lanjut Almuniza, Aceh berpotensi bisa mempertahankan status juara umum API Awards 2022. Apalagi beberapa nominasi dari Aceh masih bertengger di posisi kedua dan merangkak naik.

 

“Posisi nominasi di berbagai kategori selalu naik presentasenya. Tentu jika kita konsisten Aceh berpotensi kembali menjadi juara umum jika melihat perolehan suara yang masuk saat ini,” ujarnya.

 

_Berikut data perolehan suara sementara nominasi API 2022 dari seluruh channel vote (SMS, Facebook, Youtube dan Instagram) mulai dari 1 Juni hingga 31 Juli 2022:_

 

Brand Pariwisata: Pesona Pesisir Timur Aceh – Langsa (20,34%)

Cinderamata: Tenun Putri Lindung Bulan – Aceh Tamiang (32,40%)

Dataran Tinggi: Bur Telege – Aceh Tengah (24,19%)

Situs Sejarah: Benteng Trumon – Aceh Selatan (38,21%)

Destinasi Kreatif: Pulau Dua – Aceh Selatan (31,77%)

Makanan Tradisional: Lokan Badaruk – Aceh Singkil (11%)

Promosi Digital: IG @bandaacehtourism – Banda Aceh (11,70%)

Ekowisata: Tahura Lae Kombih – Subulussalam (12,34%)

Atraksi Budaya: Tari Guel – Aceh Tengah (7,10%)

Festival Pariwisata: Banda Aceh Coffee Festival – Banda Aceh (11.02%)

Surga Tersembunyi: Terujak Falls – Aceh Timur (17,94%)

Wisata Air: Diving Gampong Iboih – Sabang (9,78%). (Adv)

 

 

  • Bagikan